Blogger Widgets

Rabu, 11 Desember 2013

PROFIL SATRIA NOVA



Satria Nova lahir di Lamongan, 16 November 1989 dengan nama lengkap Satrianova Mabbruri Kusumawardhana. Ia anak pertama dari tiga bersaudara. Ia menyandang gelar sarjana Teknik Perkapalan ITS setelah diwisuda tanggal 23 September 2012.

Satria Nova berhasil membuktikan jika kemampuan menulis tidak ditentukan oleh bakat, melainkan minat. Ia tidak punya latar belakang menulis ketika sekolah dulu. Ia kuliah di jurusan teknik yang tidak mempelajari sama sekali tentang sastra dan dunia tulis menulis. Tapi justru di kampuslah keinginan menulisnya mulai tumbuh. Ia mulai jejaknya sebagai penulis saat menjadi mahasiswa.

Kemampuan menulisnya dipelajari saat ia ’terpaksa’ menjadi pemimpin redaksi majalah dakwah kampus pada semester 3. Ia terpilih bukan karena kemampuannya, tapi karena majalah itu baru saja dirintis. Tentu saja, penunjukkan jabatan dilakukan secara ’acak’. Tapi di sanalah ia banyak belajar.

Satria termasuk penulis produktif. Selama kuliah, ia telah menulis 10 buku, 7 di antaranya sudah terbit dan beredar di pasaran. Beberapa di antaranya diterbitkan oleh penerbit buku terbesar di Indonesia. 10 Buku itu ditulis dalam rentang waktu 2,5 tahun semenjak ia semester 4. Selain buku, beberapa karyanya berupa artikel, opini dan gagasan telah dimuat di berbagai surat kabar nasional seperti Jawa Pos dan Republika.

Selama kuliah, Satria juga aktif di berbagai kegiatan kampus, termasuk menjadi pembicara dalam berbagai kesempatan seperti bedah buku, kajian, diskusi, workshop, pelatihan, seminar dan berbagai acara sejenis lainnya. Kini, Satria tengah sibuk mengejar mimpi-mimpinya dan membuat “jejak hidupnya”. Buku-bukunya yang telah beredar merupakan salah satu mimpi yang telah berhasil dia wujudkan dan sebuah jejak yang telah ia tinggalkan. Beberapa karyanya yang telah diterbitkan di antaranya: Siapa Sahabat Yang Kau Pilih? (Az Zahra Media, Yogyakarta), 30 Kisah Pelaku Sedekah (Az Zahra Media, Yogyakarta), Campus Undercover: Kuliah Apa Kuli Yah? (Luc Publishing, Surabaya), Agar Menulis Senikmat Bicara (Lukita, Yogyakarta), Ternyata Menulis Itu Mudah dan Menghasilkan Uang (Elex Media – Kompas Gramedia, Jakarta), Bulan Ramadhan: Bebas dari Belenggu Setan & Hawa Nafsu (Elex Media – Kompas Gramedia, Jakarta), Permata dalam Lumpur (Elex Media – Kompas Gramedia, Jakarta).

Satria sangat senang jika ada yang menghubunginya di email satrianova16@gmail.com atau via ponsel di 085655479927. Bisa juga lewatfacebook di http://splashurl.com/qzn3ntq dan twitter di @satria_nova. Ia sangat suka jika mengenal banyak orang untuk saling berbagi pengetahuan. Untuk itu, jangan sungkan-sungkan menghubunginya dan mengajaknya berdiskusi.

sumber: www.famindonesia.com. foto diambil dari facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar